Yeah it's Friday


Ini hari jumat, yeah ada apa di hari jumat? Mungkin sebagian orang biasa saja dengan hari ini. Tapi bagi sebagian yang lain menganggap jumat itu adalah hari yang suci, agung dan membawa berkah.

Kalau umat kristen menyebutnya jumat agung, Jumat Agung adalah hari jumat sebelum minggu paskah, hari peringatan penyaliban  Kristus dan wafatNya di Golgota.

Nah kalau umat muslim banyak banget keutamaan-keutamaan hari Jumat dalam Islam, salah satunya:


 1. Jumat adalah hari raya/hari besar yang berulang.  Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: sesungguhnya hari Jum’at adalah ‘ied (hari raya),maka jangan jadikan hari raya kalian untuk berpuasa, kecuali bila kalian puasa sebelum dan sesudahnya”.

 2. Jumat bertepatan dengan hari bertambahnya nikmat di surgahari saat seluruh penghuni sorga dikumpulkan di Lembah yang luas, dan dibuatkan bagi mereka mimbar-mimbar dari mutiara, emas, dan mimbar dari zamrud, dan permata diatas bukit pasir dari kasturi mereka lalu melihat Allah Subhanahu Wata’ala, dengan mata kepala mereka (nyata). Dan orang yang paling cepat bertemu dengan Allah adalah mereka yang dulu juga bersegera datang ke masjid, yang paling dekat dengan Allah pada hari itu, adalah mereka yang dulu paling dekat (duduknya) dengan imam (pada hari Jum’at). (Zaadul Ma’aad 1/ 63,64).

3. Pada hari itu ada saat dikabulkannya do’aSaat dimana Allah akan memberikan apa saja yang diminta oleh hamba-Nya yang muslim. Di dalam kitab Shahih al-Bukhari Muslim terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallu ‘anhu ia “Sesungguhnya pada hari Jumat ada waktu yang apabila seorang muslim shalat bertepatan dengannya lalu ia meminta kepada Allah maka akan dikabulkan permintaanya dan Rasullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengisyaratkan dengan tangannya bahwa waktu itu sebentar. (HR.Bukhari dan Muslim)

Masih banyak keutamaan lain tentang hari jumat ini. Kalau dibahas lebih jauh lagi pasti gak abis-abis. Jadi apapun harinya, kita harus mensyukuri apa yang sudah dikasih sama Sang Pencipta/Sang Khalik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Loser

E-Day

Sempit