Nikah!

Bismillah. Setelah beberapa bulan vakum nulis, finally punya bahan yang lebih berfaedah dan informatif dibandingkan dengan postingan sebelumnya. 

Sebagai intro, jadi, akhirnya gue menikah, horeeeee~~ dengan pertimbangan ini itu, bukan cuma ingin ikut-ikutan trend, tapi dari diri sendiri ingin menyempurnakan ketidaksempurnaan kehidupan lalu hal seperti itulah yang akan membawa gue menuju Surga-Nya kelak, aamiin....

Ada beberapa aspek yang harus digarisbawahi sebelum memutuskan untuk menikah, ini menurut gue aja ya:

Tanya diri sendiri. Apakah menikah itu sebuah hal yang harus dilaksanakan dalam waktu dekat ini? (kalau udah punya calon); dan kalau belum punya coba tanya, kenapa gue ingin menikah? Apakah cuma iri teman-teman terdekat yang sudah menikah bahkan orangtua pun sudah mendesak ingin punya cucu. 

Apakah diri sendiri sudah bahagia? Bahagia versi kalian sendiri, bukan orang lain yang buat. Pasangan itu adalah pelengkap yang enggak ada pada kita, jadi jangan berharap dia punya watak yang sama atau selalu mengikuti apa mau kita.
Karena menikah adalah adaptasi dengan pasangan seumur hidup, apakah mau seperti itu? Punya kesabaran, rasa legowo, menepis ego. Sisanya pasrah sama Yang Maha Kuasa.

Selain beberapa aspek diatas, sebenarnya masih banyak lagi hal yang harus dipertimbangkan. Tapi 3 hal tadi cukup mewakili pendapat duniawi tentang pernikahan. Sekarang giliran beberapa vendor yang gue dan suami gunakan untuk acara sakralnya:

Venue/Tempat Acara
Jujur aja, nyari venue ini udah jauh-jauh bulan sebelum lamaran. Mulai nanya-nanya temen, cari di website, sampai terniat datengin tempatnya sekaligus cari info. Lamaran bulan juni, tapi baru cocok dengan selera kami bulan Agustus dengan pertimbangan dekat dengan rumah, harga sesuai budget, akses yang dilewati juga mudah.  Nama venuenya Sanggar De Batavia yang lokasinya di Jalan Nurul Iman no. 52 Cipedak. Awalnya underestimate liat lokasi ini di gmaps karena ada beberapa review jelek. Karena dekat banget sama rumah masing-masing lalu mengurangi ekspektasi juga. Eeeh ternyata jauh beda sama review yang ada. Bagus banget coy, ownernya juga ramah. Pokoknya ga nyesel kalau mau sewa disini. Kami dapat harga sewanya tahun 2019 masih 10jt, tapi tahun 2020 naik jadi 12jt karena service yang ditawarkan makin bagus dan lengkuaaap. Singkatnya dengan harga segitu sudah dapat kursi futura 100pcs (sarung + pita); tenda payung + kursinya; kursi panjang rustic; tempat masak + tenda; dan beberapa gazebo yang disediakan untuk tempat beristirahat atau makan; mushola; kamar mandi; tenda pelaminan; dll. Ternekat ngadain acara di tempat terbuka padahal hari Imlek, alhamdulillah acara lancar walaupun hujan dan sedikit gerimis saat akad, tapi cerah berangin saat resepsi! Sujud syukur banget doa dari semua keluarga. Mereka semua merasa nyaman dan senang saat acara, syahdu tanpa ada keluhan sama sekali. Bisa dicek ig nya: sanggar.debatavia






Dekor dan Catering
Karena impian mama yang ingin masak sendiri untuk pernikahan anaknya, jadilah beliau sewa tukang masak yang biasa masak di tempat catering. Underestimate lagi, takut masakannya ga enak karena bukan vendor wedding organizer. Kerjasama juga dengan tetangga yang jualan sayur untuk belanja, dibantu semua tetangga siapin perintilan. Masya Allah Alhamdulillah semua orang suka, sampai ada yang bilang enak kak makanannya sambil nunjukkin jempol. Pas tau gapake wo atau vendor catering langsung, mereka kaget. Kembali lagi sebelum ngadain acara udah niat untuk membantu karena ini acara 2 keluarga, jadi kita berdua harus tau apa yang kurang atau terlupa. Walaupun ribet tetap masih punya support dari keluarga, temen, semua cuma berasal dari pikiran. Itulah penting untuk sugesti diri sendiri. All is well. Menu yang dimasak sama kayak di kondangan pada umumnya. Nasi goreng, sop kimlo, daging teriyaki, capcay, dll.

Lanjut untuk dekor, cari sana sini. Cocok-cocokkan akhirnya rezeki kami dapat harga dekor rustic only 12,5jt! Biasanya harga segitu untuk dekor di rumah, kalau dekor rustic outdoor atau di gedung minimal 20jt. Nega nego terus sama vendor dekornya, untung punya kakak yang selalu bisa diandalkan, udah pasrah pokonya mau dekor kayak gimana. Sekali lagi dibuat amazing, sesuai ekpektasi Masya Allah ga norak, rapih, ga keramean, pokonya kami dan keluarga suka. Banyak spot foto yang diambil, sampai ada yang tanya pake dekor apa, tempatnya dimana.  Oh iya sewa alat catering maupun alat makan juga tempatnya sama dengan dekor. Nama ignya: karinapesta








MUA dan Attire
Makeup kali ini pakai jasa dari saudara, tepatnya saudara dari mertua kakak. Sebelumnya pernah di makeup waktu acara wisuda adek di Malang, wow terlihat natural tapi gak menor. Tertariklah diriku untuk dimakeup Tante Endah, bela-belain beliin tiket kereta pulang-pergi. Cari gaya hijab untuk akad resepsi. Beliau sangat ramah, dibantu anaknya juga yang punya background MUA. Harga yang kami  dapat untuk makeup pengantin, orang tua, penerima tamu (4 orang) + baju + kerudung, ronce melati, facial before wedding sekitar 2jt dan tiket pp Jakarta  Malang 1 jtan. Nama ignya: sekarayu_salon



Baju akad suami beli di shoppe (fredyjava_colection), karena mengirit budget. Tema bajunya melayu, kalau baju akad dari gue sendiri pinjem punya kakak, pashmina dan segala printilan dipinjem dari Tante endah. Nah baju resepsi kami pisah-pisah sewanya wkwk. Baju resepsi gue disewa di @sewagaunpengantinsyari (550k) dan baju resepsi suami di @lunxgallery (450k). Baju keluarga inti beli di tanah abang (no jahit-jahit club), no bridesmaid, sesuai budget pokoknya.

Souvenir dan Undangan
Hal yang satu ini juga cari-cari 6 bulan sebelum acara dan niatnya mau beli di Jatinegara. Apalah cuma wacana, cari online aja dapetnya di @artika_souvenir. Kami dapat range 4000-5000an per pcs. Ownernya juga baik, responnya cukup cepat, dan terpercaya. Tema souvenirnya yaitu tanaman, sesuai dengan tema acaranya. Saran untuk pengiriman lebih baik pakai Cargo atau Wahana supaya lebih murah karena jauh juga pengirimannya (Jogja).


Undangan fisik ngga jauh-jauh dari rumah dan masih punya saudara, sesuai tema juga dan masih bisa nego pakai ini itu. Harga 4000/pcs, no plastic use, jadinya pakai tali rami (lupa foto)

Undangan website secara sukarela dibuat sama kakak sendiri, gratis!! Tapi kalau tertarik bisa search di codebrewer.site

Ohiya, buat foto video pake jasa (masih) sodara juga, harga masih terjangkau kok dibawah 4jt udah dapet bingkai+album. Nama ignya : beka.decoration

Planner budget (yang ngatur keuangan acara namanya) dipegang kakak sendiri. Gue hanya membantu backup data dan pengeluaran printilan. Pusing jujur kalau gapake WO, tetap ikhtiar dan doa apalagi acaranya pas imlek yang identik dengan hujan. Intinya komitmen nomer wahid, sisanya usaha dan pasrah sama Allah. Semangat ibadah seumur hidup!xoxo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Loser

E-Day

Sempit