Intermezzo

Miss so much sama blog ini, udah lama gak nulis setelah beberapa bulan. Oke, nulis dalam arti ‘nulis’ ya, bukan nge-post kata-kata yang cuma muncul dalam pikiran dan langsung nge-post, karena itu sisi diri gue yang lain. Jangan bertanya-tanya, mungkin yang punya blog ini punya kepribadian ganda.Oh ya, sekarang hampir seminggu kita puasa bukan? Eh maksudnya disini shaum, kalo puasa itu artinya “menyiksa” ga ngerti itu bahasa mana, dapet dari temen gue kalo shaum itu artinya “menahan diri” sedangkan puasa itu ya tadi artinya. Jadi kita pake kata shaum aja ya.

Menurut gue, bulan Ramadhan itu punya arti sendiri, kenangan sendiri di setiap tahunnya. Kalo di tanya kenangan apa ya banyak, dari shaum pas masih TK, madrasah, SMP, SMA, dan sekarang kuliah. Masih inget tahun 2000, shaum kali itu bakal keinget sampe sekarang, yang orangtua gue pun juga inget. Ya gimana gak lupa, waktu itu aja azan zuhur buka kulkas diem diem dan nyomot tape, karena yang ada cuma itu di kulkas, seketika nyokap manggil dan... hap! Untung aja udah ketelen dimulut. Dan ada lagi keunikan yang gue perbuat dulu. Setiap shaum dan ketika perut udah mulai bunyi, gue dateng ke nyokap atau bokap, dan dengan tangan meminta makan dan minum (gerakan orang lagi makan dan minum, tau kan?) gatau sampe tahun berapa gue melakukan hal itu. Sampe shaum hari pertama rabu kemarin, saat itu azan zuhur, bokap memanggil gue, “Haaaaaaaaaaan,” “Iya paaak,” “Gak makan?”seketika gue, bokap dan nyokap ketawa. Ini pertanyaan yang bikin gue intermezzo dengan kejadian jadul. Hehe.

Bukan cuma shaum aja sih, shalat tarawih juga ada kenangannya. Waktu itu masih madrasah kelas berapa ya, lupa. Pokoknya setiap abis buka puasa dan megriban, gue langsung on the way ke masjid, beda kayak sekarang, nunggu adzan isya dulu baru berangkat (yah ketauan). Tapi bukan barisan pertama yang gue dudukin, melainkan barisan paling belakang, paling belakang loh ya, deket batas suci dan tempat sendal waktu itu, biasalah ya, anak kecil pasti di belakang tempat shalatnya. Oiya sebelum berangkat, minta duit dulu sama nyokap buat amal. Langsung gelar sajadah, biar gak ada yang nempatin bagian belakang (bagian favorit anak-anak) dan langsung keluar masjid, apalagi kalo bukan jajan. Jaman dulu masih ada abang-abang yang jualan deket masjid, kayak somay, cimol, mie sakura, chiki chuba, pokoknya jajanan anak kecil dulu. Sampe pernah nekat bawa mie goreng mentah dan gue remukin sebelum tarawih dimulai. Terus makannya gimana? Nah ini dia, karena tempat gue paling belakang, jadi gaada orang dewasa yang ngawasin, asal bisa diem dan gak lari-larian. Berkuasalah gue dibelakang. Saat orang dewasa shalat, gue dan temen-temen yang lain pada makan jajanan, tentu ga ada yang berisik. Palingan suara ‘kresek’ plastik jajanan yang orang didepan pasti gak merhatiin karena lagi shalat juga. Ketika orang-orang di depan pada tahhiyatul akhir, dengan gerakan super cepat layak kecepatan cahaya #okeinilebay, gue dan temen yang lainnya langsung mengambil gerakan tahhiyatul akhir tadi, jadi keliatan gue dan temen-temen dibelakang juga ikutan shalat, pinter kan? Dan makanan yang tadi gue makan,gue umpetin di belakang atau di dalem mukena. Saat salam terakhir, gue dan yang lainnya tersenyum tanpa arti dan ngelanjutin makannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Loser

E-Day

Sempit